Latest Entries »


Saat liburan kemaren, saya bermain di daerah Tangerang tempat teman saya. Kebetulan, saat itu saya bermain melewati daerah industry yang ada di sekitar sana. Setelah itu, ketika saya berada dirumah teman saya. Ada suatu keinginan yang timbul di dalam benak saya. “Gimana kalau saya mengamati suatu pabrik mengenai sumber daya manusianya “. Karena pada saat itu saya memiliki tugas di kampus tentang manajemen sumber daya manusia. Mumpung masih di Tangerang, timbullah niat saya untuk mengamati suatu pabrik. Dan mulai mencari informasi soal pabrik-pabrik di sekitar sana.
Ketika ngumpulin informasi, saya merasa pesimis. “kayanya susah juga”. Buat ketemu yang punya pabrik ribet banget. Akhirnya urungkan niat buat mengamati suatu pabrik beserta SDMnya. Dalam posisi kebingungan, timbul ide lagi, gimana kalau mengamati warung makan di sekitar pabrik. Dan mulai lagi mencari informasi sekalian survey k daerah industry tersebut.
Ketika sampai di daerah industry, saya bersama temen saya ngerasa suasananya sepi sekali. Saya nanya sama temen saya, “ko sepi ya?karyawan-karyawan pabrik sini pada makan dimana kali?”. Temen saya bilang, “umumnya pabrik-pabrik di sini mereka pake catering, saudara saya ada yang ngisi kateringnya”. Kebetulan ada saudara dia yang ngisi katering di salah satu pabrik di daerah sini, mending ngamatin catering aja. Kan di catering pasti ada MSDMnya juga. Dan saya minta tolong sama temen saya untuk mempertemukan saya dengan saudaranya. Setelah itu kami kerumah dulu buat istirahat. Dan mengatur waktu untuk wawancara kecil buat besok.
Kesokan harinya, kami pergi menemui pemilik usaha catering. Dan langsung melakukan wawancara, soalnya pemilik kateringnya ga bias lama-lama. Karena masih ada urusan yang mau dikerjain lagi. Kebetulan pemilik kateringnya wanita, saya manggilnya kakak.
Berikut beberapa kutipan wawancara saya dengan pemilik kateringnya :
Saya : Siang kakak,,maaf minta waktunya sedikit buat wawancara mengenai usaha kateringnya. Nanya-nanya dikit ga pa pa kan kak?
Pemilik : Oh,,ga apa apa ko. Silahkan aja? mana tau kakak bisa membantu.
Saya : Kakak udah lama membuka usaha katering ini? Dan Gimana awalnya merintis usaha ini?
Pemilik : Usaha ini kira-kira udah 1 tahunan. Awalnya sih, buka usaha ini dorongan dari suami juga. Suami kakak kenal dengan pemilik pabrik. Kebetulan kakak berencana mu bikin catering, suami kakak nawarin buat ngisi makanan untuk di pabrik. Yaudah akhirnya usaha ini dibuka. Dan berjalan sampai sekarang.
Saya : Kakak pasti punya banyak pegawai dunk? Umumnya berasal dari mana Kak?
Pemilik : Umumnya pegawai ga jauh dari orang-orang deket, dan ada juga yang berasal dari pegawai suami kakak. Karena suami kakak juga mempunyai usaha dan punya karyawan-karyawan. Kadang mereka bantuin di catering.
Saya : Apa pegawainya ada bagian-bagiannya juga kak? Dan gimana system kerjanya?
Pemilik : Ada, kita mempunyai pegawai khusus buat masak, buat buat yang nyajiin makanan, kasir, dan ada juga yang sebagian yang melakukan tugas pekerjaan 2,3 sekaligus. Karena setiap hari harus melayani ratusan karyawan pabrik. Jadi disini kita di sediain lahan seperti kantin gitu oleh pemilik pabrik. Kan karyawan pabrik ada jadwal-jadwal tertentu, ketika istirahat kantin itu jadi serbuan semua karyawan. Karena mereka ga bebas keluar masuk pabrik, makanya usaha disini lumayan menguntungkan. Kamu juga lihatkan di sekitar lingkungan pabrik di sekitar sini sepi jarang yang berjualan?
Saya : OooHhh,, begitu ya kak,,hmm,, kalau penghasilannya perhari berapa kak?
Pemilik : Disini kita pake hitungan bulan, jadi ada pembukuan gitu. Karena rata-rata karyawan bayarnya pas mu akhir bulan. dan kadang ada juga yang pakai voucer, kebijakan dari pabrik. Sehingga pabrik yang bayar. Itu khusus karyawan-karyawan tertentu. Kurang lebih penghasilannya 10 juta-20 juta.
Oh ya maaf Dek, bentar lagi kakak ada pekerjaan yang harus dikerjain.
Saya : Gede juga ya Kak,, oh gitu kak, ya ga papa, , silahkan dilanjutin pekerjaannya. terima kasih banyak atas informasinya ya kak.

Jadi dari kesimpulan wawancara diatas dapat kita lihat, usaha catering di lingkungan pabrik sangat menguntungkan. Semua bisa tercapai karena kebutuhan makanan bagi buruh pabrik serta didukung oleh letak pengelolaannya yang strategis, yaitu lingkungan pabrik.

TUGAS EKONOMI KOPERASI

PILIHAN GANDA

1. B. Konsep Koperasi Barat
2. A. Pengembangan usaha koperasi dalam hal investasi, inovasi dan pengembangan SDM
3. C. Aliran Yardstick
4. C. Aliran Commonwealth
5. C. Menurut Mohammad Hatta
6. A. Aktivitas koperasi bertujuan ekonomi
7. A. UU No. 25 Tahun 1992 pasal 3
8. B. Sebagai wahana untuk mewujudkan kepemilikan kolektif sarana produksi dan untuk mencapai tujuan sosial politik
9. C. Kerjasama antar koperasi
10. A. UU No. 25 Tahun 1992 pasal 22
11. B. Mengangkat dan memberhentikan pengelola
12. C. Kegiatan koperasi bertentangan dengan ketertiban umum atau kesusilaan
13. D. Berita Negara Republik Indonesia
14. B. Pengelola
15. D. Jasa usaha anggota dan jasa usaha bukan anggota
16. D. UU No. 25 Tahun 1992 Pasal 46
17. D. 5 tahun
18. A. Modal sendiri dan modal pinjaman
19. B. Teknologi dan sumber daya yang digunakan
20. D. Benar Semua

ESSAY

21. Jenis-jenis Konsep Koperasi :

Konsep Koperasi Barat merupakan organisasi swasta, yang dibentuk secara sukarela oleh orang-orang yang mempunyai persamaan kepentingan, dengan maksud mengurusi kepentingan para anggotanya serta menciptakan keuntungan timbal balik bagi anggota koperasi maupun perusahaan koperasi. Adapun unsur-unsur positif dalam Konsep Koperasi Barat antara lain :

– Keinginan individu dapat dipuaskan dengan cara bekerjasama antarsesama anggota, dg saling membantu dan saling menguntungkan

– Setiap individu dg tujuan yang sama dapat berpartisipasi untuk mendapatkan keuntungan dan menanggung risiko bersama

– Hasil berupa surplus/keuntungan didistribusikan kepada anggota sesuai dengan metode yang telah disepakati

– Keuntungan yang belum didistribusikan akan dimasukkan sebagai cadangan koperasi

Konsep Koperasi Sosialis adalah koperasi yang direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah yang memiliki tujuan merasionalkan produksi untuk menunjang perencanaan nasional. Dan menurut konsepnya, koperasi ini tidak berdiri sendiri tetapi merupakan subsistem dari sistem sosialisme untuk mencapai tujuan sistem sosialis-komunis.

Konsep Koperasi Negara Berkembang adalah koperasi yang sudah berkembang dengan ciri tersendiri, yaitu dominasi campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya.

22. Diketahui laporan pertanggung jawaban pengurus Koperasi “Ahimsa” tahun 2005 adalah sebagai berikut :

indikator kinerja (dalam 000)
1. Modal sendiri 674.800
a. Simpanan anggota 125.800
b. Donasi 226.000
c. Cadangan 323.000
2. SHU kotor 250.000
Total biaya 125.500
SHU setelah pajak 124.500
3. Volume usaha 579.950
4. Jumlah anggota 125

Selain itu diperoleh data simpanan anggota dan volume usaha per anggota adalah sebagai berikut : (dalam 000)

nama anggota jumlah simpanan volume usaha
1. Ahimsa 2750 25250
2. Annisa 3250 20575
3. Rizky 2250 15750
s/d dst dst dst
125 jumlah 125800 579950

Jawab:

Cadangan = 323.000

Simpanan Anggota (Sa) :

1. Ahimsa = 2.750
2. Annisa = 3.250
3. Rizky = 2.250

Total Modal Simpanan (TMS) = 125.800

Volume Usaha Anggota (Va) :

1. Ahimsa = 25.250
2. Annisa = 20.575
3. Rizky = 15.750

Total Volume Usaha Anggota (TVA) = 579.950

Jasa Usaha Anggota (JUA)

= 75% x 323.00

= 242.250

Jasa Modal Anggota (JMA)

= 25% x 323.000

= 80.750

a) SHU Usaha Ahimsa

= Va / TVA (JUA)

= 25.250 / 579.950 (242.250)

= 10.547,138

SHU Modal Ahimsa

= Sa / TMS (JMA)

= 2.750 / 125.800 (80.750)

= 1.765,203

SHU Ahimsa

= 10.547,138 + 1.765,203 (1000)

= 12.312.341

b) SHU Usaha Annisa

= Va / TVA (JUA)

= 20.575 / 579.950 (242.250)

= 8.594,351

SHU Modal Annisa

= Sa / TMS (JMA)

= 3.250 / 125.800 (80.750)

= 2.086,149

SHU Annisa

= 8.594,351 + 2.086,149 (1000)

= 10.680.500

c) SHU Usaha Rizky

= Va / TVA (JUA)

= 15.750/ 579.950 (242.250)

= 6.578,908

SHU Modal Rizky

= Sa / TMS (JMA)

= 2.250 / 125.800 (80.750)

= 1.444,257

SHU Rizky

= 6.578,908 + 1.444,257 (1000)

= 8.023.165

Hello world!

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!